Penduduk Meledak, Kualitas SDM pun Turun

11 Dec

Dua isu  penting di bidang kependudukan saat menjadi perhatian penting banyak pihak, baik secara nasional maupun internasional.

Di level internasional misalnya, ternyata jumlah manusia yang mendiami bumi ini telah mencapai  lebih 7 miliar  jiwa lebih. Padahal berdasarkan prediksi para pakar demografi angka 7 miliar itu baru akan tercapai pada tahun 2012 mendatang.

Artinya, pertumbuhan penduduk dunia akibat kelahiran sudah tidak terkendali. Dan ini akan mengakibatkan timbulnya sederetan persoalan kependudukan yang sangat besar di kemudian hari. Selain itu, juga akan berakibat pada kelestarian lingkungan hidup.

Dalam hal tingginya pertumbuhan penduduk akibat kelahiran ini, Indonesia ternyata juga merupakan negara keempat yang memberikan sumbangan besar terhadap pertambahan penduduk dunia, setelah Cina, India dan Amerika.

Artinya jika bangsa Indonesia tidak bisa mengendalikan pertumbuhan penduduk dan jarak kelahiran anak, bisa dipastikan jumlah penduduk Indonesia akan melebihi Amerika dan bukan tidak mungkin juga mendekati India dan Cina.

Persoalannya, jika ternyata anak yang dilahirkan itu merupakan anak yang potensial dan berkualitas, tentulah efek sampingnya tidak akan terlalu besar, namun bila ternyata yang lahir itu berasal dari kalangan miskin dan tidak berkualitas, inilah yang akan menjadi beban negara dan beban pemimpin bangsa di kemudian hari. Lantas bagaimana dengan Indonesia saat ini?

Indonesia saat ini papar Kepala BKKBN DR Dr Sugiri Syarif MPA tengah mengalami masalah besar di bidang demografi, tidak hanya dari segi kuantitas yang mencapai 10.000 jiwa per hari, tapi juga dibidang kualitas.

Bahkan paparnya, kualitas manusia Indonesia  atau Indeks Pembangunan Mausia (IPM) Indonesia yang dirilis UNDP, turun drastis ke peringkat 124 dari peringkat 187 pada tahun 2011.

“Padahal Indonesia pada tahun 2010 lalu berada pada peringkat 108 dari 169 negara,” katanya.

Pertanyaannya, akankah kondisi ini akan dibiarkan berlarut-larut? Mau dibawa ke manakah bangsa ini ke depannya? Inilah yang harus dijawab bersama, tidak hanya para pemimpin bagsa, tapi juga masyarakat bahkan di level keluarga sekali pun, bahwa persoalan kependudukan tidak akan lepas dari masalah lain, baik menyangkut hak-hak dasar manusia maupun hubungannya dengan lingkungan hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: