Internet masuk desa

14 Oct

Di masa modern ini hampir semua kalangan mengenal internet, bahkan penduduk yang notabene adalah seorang bapak bapak pun mengenal internet, bukan hanya dikota besar sekarang intrnet juga menjamur di desa desa.

Tentunya hal ini mempunyai beberapa dampak yang signifikan kalau dilihat dari segi positifnya memang banyak, contohnya komunikasi jadi semakin cepat, informasi juga semakin cepat, akses kebutuhan pun meningkat dengan pesat, untuk pelajar mencari materi pun sangan mudah

Namun dari beberapa keuntungan diatas juga mempunyai beberapa dampak negative, didesa yang biasanya di kenal dengan nuansa agama yang kental jadi berkurang, contohnya para pemuda yang kurang bertanggungjawab dengan mudah mengakses situs situs porno dan sebagainya, kemudian ada kasus bapak telantarkan anak gara-gara main game online

Tetapi apapun yang terjadi internet bagaikan pisau bermata dua apabila kita gunakan untuk mendapat kebaikan dan keberkahan maka pahala yang kita dapat, namun apabila kita berlaku tidak bertanggung jawab maka hal buruk yang kita dapat.

Perkembangan teknologi seperti Internet sekarang sudah sangat mempengaruhi dalam menjalankan kegiatan sehari-hari,bukan hanya di masyarakat kota namun masyarakat desa pun terkena dampaknya kegunaan internet.

Penduduk desa pun menanggapi masuknya internet dengan 2 segi yang berbeda,yaitu segi positif dan segi negative.

  1. Dari segi positif penduduk desa dapat mengakses jenis2 bibit unggul untuk tanaman2nya,dapat mengetahui skala perkembangan pertanian maupun perkebunan. Status ekonomi masyarakat desa pun meningkat dengan adanya internet ini.Masyarakat desa pun dapat mengenal budaya2 dari daerah lain yang mungkin selama ini mereka kurang begitu tahu dan masyarakat desa pun dapat mengembangkan lagi lebih luas usahanya.
  2. Segi negatifnya internet bagi masyarakat desa yaitu belum banyaknya sumber daya manusia yang dapat menggunakannya hanya sebagian kelompok masyarakat dan kurangnya infrastuktur telekomunikasi di berbagai daerah dan desa di Indonesia. Hal ini disebabkan program pembangunan yang tidak merata.
  3. Dari segi biaya internet dan perangkat komputernya yang masih dibilang mahal oleh masyarakat desa dan hal hal negatif yang banyak dalam internet yang belum bisa disaring oleh masyarakat desa seperti contohnya : pengaruh modernisasi yang berlebihan .

Maka dari itu perlu adanya lagi peningkatan peningkatan dalam program internet masuk desa agar perkembangannya secara merata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: